Minggu, 19 Mei 2013

FW: Ini Sebabnya Saat Tambah Umur Berat Badan Makin Sulit Dikontrol

 

 

Feed: Wolipop
Posted on: Sunday, May 19, 2013 14:08
Author: Wolipop
Subject: Ini Sebabnya Saat Tambah Umur Berat Badan Makin Sulit Dikontrol

 

Jakarta - Pernahkah Anda merasa semakin sulit untuk menurunkan berat badan seiring pertambahan usia? Ternyata riset pun menunjukkan demikian. Makin tambah umur berat badan semakin sulit dikontrol.

Hal tersebut dikemukakan oleh Dr. Zane Andrews seorang neuroendocrinologist dari Fakultas Psikologi, Universitas Monash. Seperti dikutip dari sciencedaily, Dr Andrews menemukan bahwa pada umur 25 hingga 50 tahun, terjadi ketidakseimbangan saraf yang memberikan rasa lapar dan kenyang. Sehingga seringkali di usia-usia tersebut, seseorang tak dapat menahan pola makannya.

Selain itu, Dr Andrews juga menjelaskan bahwa semakin banyak gula dan karbohidrat yang dikonsumsi ternyata bukannya menimbulkan rasa kenyang, melainkan juga rasa lapar. Semakin banyak karbohidrat dan gula dalam tubuh akan merusak sel-sel yang dapat menimbulkan rasa kenyang.

"Semakin sering makan karbohidrat dan gula, sel yang mengontrol nafsu makan akan semakin rusak dan Anda pun jadi makan lebih banyak," ujar Dr Andrews.

Asupan karbohidrat dan gula yang terlalu banyak membuat radikal bebas di dalam tubuh semakin bertambah jumlahnya. Radikal bebas di dalam tubuh ini kemudian menyerang POMC neuron. POMC merupakan bagian di dalam otak yang memberitahu seseorang saat tubuh sudah merasa kenyang. Ketika POMC diserang otomatis, Anda pun jadi tidak pernah merasa kenyang ketika makan.



(eny/eny)

 

Browser anda tidak mendukung iFrame


View article...

Enclosures:

coupleeating362.jpg (10 KB)
http://images.detik.com/content/2013/05/19/849/coupleeating362.jpg

 

YOUR COMMENT